Minggu, 16 September 2012

Si Mungil yang Penuh Manfaat


Buah Kersen
Siapa yang tidak mengenal buah kersen, buahnya yang kecil mungil berwarna merah segar ternyata sekarang lagi tenar berkat khasiatnya. Di beberapa daerah di Indonesia, kersen dikenal dengan talok, kresem, atau ceri. Tanaman dengan nama latin Muntingia calabura ini dahulu kurang diminati karena sifatnya yang bisa dikatakan tanaman "liar" dan hanya dimanfaatkan oleh burung-burung liar sebagai makanan. Namun, sekarang buah ini menjadi perhatian dan diminati banyak kalangan karena selain rasanya yang manis dan segar, ternyata di balik kemungilannya kersen mempunyai banyak manfaat.

Pohon kersen merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh di mana saja, terutama di kawasan kering, seperti di daerah pesisir. Pohon kersen mudah tumbuh berkat bantuan burung yang menyebarkan biji-bijinya. Tinggi pohon ini rata-rata mencapai 3 sampai 5 meter. Keunikan lain dari kersen adalah pohon dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim, dan pembuahannya pun tergolong cepat.

Kersen Segar


Berdasarkan penelitian, kersen mempunyai kandungan vitamin C lebih banyak daripada mangga. Kandungan vitamin C kersen mencapai 126 mg, sedangkan pada mangga hanya 50 mg (Kompas). Kandungan karbohidrat dan kalsiumnya juga cukup tinggi. Dewasa ini buah kersen banyak dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti sirup, selai, bahkan untuk tambahan bahan kue dan roti. Yang lebih menarik, ternyata harga jual buah kersen pun cukup tinggi di pasaran, bahkan di supermarket tertentu harganya mencapai Rp 90.000/ kg. Menarik, bukan?


Buah kersen dipercaya dapat mengurangi asam urat serta baik untuk penderita diabetes. Di dalam setiap 100 gram keres/ kersen terdapat : Air (77,8 gram),Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram. Rasa manisnya juga dapat menarik minat anak-anak untuk mengkonsumsi buah ini. Dengan ini, tentu dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis baru, seperti permen atau gulali berbahan buah kersen.

Kersen Matang

Selain buah, daun kersen pun mempunyai banyak manfaat, diantaranya dimanfaatkan sebagai teh untuk minuman. Daun kersen dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asam urat dan dapat pula digunakan sebagai bahan antiseptik. Kandungan senyawa flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen ini ternyata juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

Nah, sekarang Anda jadi tahu bukan manfaat tanaman kersen? Selain pohonnya yang rindang dan dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar, ternyata buah dan daun kersen pun mempunyai banyak khasiat. Jadi, masihkah Anda beranggapan tanaman ini hanya tanaman liar?

5 komentar:

  1. hi.. boleh info dimana tempat yg jual buah kersen?
    sy bth utk penelitian tugas.. makasih

    BalasHapus
  2. maaf saya baru liat komen Anda, di kampus saya, di Undip, ada banyak pohon kersen tumbuh di lahan parkir. Utk foto2 yg saya cantumkan di atas itu dr pohon kersen di samping rumah saya di jepara. Kalau butuh info silakan email ke saya elazhar24@gmail.com

    BalasHapus
  3. Klo minat buah kersen saya punya banyak hubungi saya di nomer 08974554006 ditunggu brurr..

    BalasHapus
  4. Klo minat buah kersen saya punya banyak hubungi saya di nomer 08974554006 ditunggu brurr..

    BalasHapus
  5. Dimana tempat jualnya? Dirumah ku bamyba ini, kalo mau hub aja 082174564341

    BalasHapus