Sabtu, 23 Maret 2013

Mempersiapkan Tugas Akhir

by googling
Semester akhir merupakan masa-masa yang unik. Sebagian menanti-nanti karena berarti telah usai segala beban praktikum atau ingin segera lulus, sebagian bersedih karena banyak hal. Akan segera berpisah dengan teman tercinta, menandakan sudah tua, atau tidak siap dengan jenjang berikutnya, ya Tugas Akhir.

Tugas akhir mempunyai dua sisi yang berlainan, sebagian menganggap sebagai sebuah beban berat dan momok yang menghantui sehingga stres melanda, sebagian lainnya menganggap hal yang biasa atau bahkan saatnya meng-upgrade kompetensi diri. Apapun itu, hal yang pasti adalah bahwa tugas akhir merupakan tahap terakhir bagi calon sarjana untuk membuktikan kualitas dan kreativitas diri dengan meng-explore segala kemampuannya, baik akademis, mental, tanggung jawab, serta sikap empati seorang mahasiswa. Bagaimana tidak, tak bisa dipungkiri masa-masa mengerjakan tugas akhir memang cukup menyita waktu karena otak terasa diperas untuk memikirkan banyak hal, dimulai dari tema, judul, dosen pembimbing, proposal, seminar, dan segala tetek bengeknya, termasuk pula kapan tugas akhir tersebut selesai karena sudah tidak tahan dengan rasa malu kepada teman dan keluarga apabila ditanya, "Semester akhir? lulusnya kapan?", "Sudah lulus mas?", "Sudah mau kerja ya?", "Kapan nikah?" #oops
Oleh karena itu pada masa-masa akhir seperti ini kerja sama dan saling memotivasi sangat diperlukan.

Namun, bagi teman-teman TI Zeronine tak perlu takut dan kuatir apalagi gentar menghadapi tugas akhir. Anggaplah semua itu hal sepele, bukankah sesuatu yang kita anggap mudah maka akan terjadi dengan kemudahan juga? "Tuhan Maha Besar, segala sesuatu yang bukan Tuhan pasti kecil apalagi perkara tugas akhir" Ya kaaan?? Ayo Guys, tugas akhir bukanlah beban, bukan pula ancaman, tugas akhir adalah waktunya bersenang-senang karena dikerjakan dengan banyak pertolongan. Ada teman-teman, dosen pembimbing, keluarga, semua bisa jadi penolong, termasuk bapak/ibu yang ada di tempat kita mengambil data, apalagi Tuhan kita.

Naaah, bagi teman-teman yang akan bergelut dengan tugas akhir, ada beberapa tips nih sebelum menjalankan tugas akhir.
1. Penting! Pastikan jumlah sks dan mata kuliah wajibmu sudah terpenuhi. Mahasiswa penjurusan (SCM, QS, dan HIS) mempunyai kewajiban mengambil 4 (EMPAT) mata kuliah wajib SESUAI bidang minat dan 3 (TIGA) mata kuliah pilihan umum. Masing-masing 3 sks. Mata kuliah bidang minat yang kita ambil tetapi tidak sesuai dengan bidang minat kita, maka akan dihitung sebagai mata kuliah pilihan umum.
Misal; bidang minat saya SCM, tetapi saya mengambil matkul Manajemen Resiko (Manrisk). Karena Manrisk termasuk matkul minat QS, maka matkul tsb masuk ke transkrip dihitung sebagai matkul pilihan umum.
2. Syarat mengambil TA harus sudah lulus Kerja Praktek (KP) dan lulus/berjalan bersama dengan Kuliah Kerja Industri (KKI)
3. Belajar mulai dini, persiapkan beberapa alternatif tema, baca-baca jurnal, dan segera bidik dosen pembimbing yang kamu suka (yakin bahwa beliau bisa jadi pembimbing yang baik buat kamu)
4. Rajin-rajinlah datang ke RBTI (Ruang Baca Teknik Industri) yang di lantai 3 Gd.Pink karena banyak inspirasi yang muncul dari sana serta perbanyak sharing dengan teman dan/atau senior
5. UPDATE segala bentuk informasi

Dan yang pasti di luar kelima tips di atas yang seharusnya sudah mengakar dalam diri kita adalah BERDOA,
serahkan segala urusan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ini ada beberapa dokumen kelengkapan persiapan tugas akhir yang wajib dipenuhi hukumnya:
Fight for TA

Semoga sedikit informasi yang saya berikan cukup membantu teman-teman sekalian.

by googling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar