Rabu, 07 November 2012

Berbijak Terhadap Perilaku Menyimpang Orang Lain

Sentuhan RahmatMu
Sebagai makhluk Tuhan, manusia diciptakan berbeda-beda, tidak ada rupa yang sama persis antara satu orang dengan lainnya. Sejauh yang kita perhatikan, secara fisik saja, meskipun sekandung, kita dan saudara seayah dan seibu pasti memiliki perbedaan apalagi berbeda ayah atau ibu. Terdapat berbagai suku bangsa yang mendiami bumi kita, di Indonesia saja terdapat ratusan, dari Jawa, Sunda, Betawi, Madura, Batak, Minang sampai Papua, dan masih banyak lagi di belahan dunia sana.

Berbeda orang berbeda pula pemikiran. Hal tersebut benar adanya. Banyak orang berkelahi karena berselisih paham. Tentu kita masih ingat kejadian tawuran beberapa tahun silam yang melibatkan anggota dewan. Itu adalah hasil perbedaan pendapat. Tidak bijak dalam mencerna pendapat orang lain, ujungnya akan berdampak seperti hal tersebut, terjadi perceraian dan peperangan. Oleh sebab itu, bijak dalam dalam menghadapi perkataan dan perilaku orang lain mutlak diperlukan kalau kita menghendaki adanya kedamaian.

Belajar bijak atas perilaku yang dimiliki orang lain dapat kita peroleh dari banyak hal, termasuk dari  komunitas-komunitas yang kita singgahi. Hal tersebut akan menambah wawasan kita tentang berbagai khasanah yang dimiliki orang-orang. Bersenggama dengan berbagai komunitas tidak hanya mengenal komunitas tersebut secara jamak, tetapi dapat juga mengetahui isi komunitas tersebut secara perseorangan. Perbanyaklah berinteraksi dengan orang lain, perbanyak kenalan, lihatlah mereka lebih dekat dan kita akan jauh lebih mengerti. Benar memang lirik yang ada di salah satu sountrack Petualangan Sherina,

lihat segalanya lebih dekat dan kau akan mengerti.

Saya pribadi sangat senang dan kagum terhadap orang-orang yang bertoleransi dan mau mengerti kondisi orang lain. Sampai sekarang pun saya masih belajar hal tersebut. Saya belajar dari setiap perjalanan yang saya hadapi. Setiap pribadi dan komunitas-komunitas yang pernah saya temui.

Ketika kita keluar rumah, kita akan menemukan berbagai orang dengan bentuk dan karakter yang berbeda-beda. Dan pilihannya, apakah kita akan menolak mereka atau menerima dengan ketakpedulian atau dengan kebijaksanaan. Saya sendiri lebih suka menerima dengan kebijaksanaan.

Kita tidak bisa serta merta meminta orang lain berperilaku sama seperti yang kita kehendaki. Terlepas dari kepribadian baik yang dimiliki orang lain. Di dunia ini banyak sekali karakteristik yang dimiliki orang, bahkan yang kita kategorikan sebagai perilaku menyimpang. Terdapat seorang pria yang berperilaku seperti wanita atau sebaliknya, pribadi yang menutup diri dari lingkungan atau susah bersosialisasi dengan orang lain, pribadi yang suka kekerasan (psikopat), bahkan ada juga yang berperilaku menyimpang secara seksual atau yang biasa kita kenal dengan homo, entah dia gay atau lesby.

Secara wajar tentu kita akan menolak keberadaan orang-orang tersebut atau mengolok-olok bahkan berusaha mengusir mereka dari lingkungan kita. Namun, hal tersebut tentu tidak bijak. Keberadaan orang-orang dengan kondisi demikian tentu bukan semata-mata kemauan mereka. Ada campur tangan Tuhan di sini yang memberikan cobaan bagi mereka sebagai bukti kasih sayangNya. Dan sebagai umatNya kita wajib pula menerima kondisi dan keadaan mereka dengan bijak. Memang secara agama (Islam) hal tersebut diharamkan, tetapi sebagai umat muslim alangkah baiknya kita dapat mengamalkan kesempurnaan Islam sebagai rahmatan lil 'alamin, agama yang menjaga perdamaian untuk kedamaian. Sejatinya orang-orang wadam dan liwath juga manusia, makhluk Allah yang diciptakan di muka bumi untuk memberikan rahmat, sama seperti orang-orang "normal". Oleh karena itu, sangat tidak bijak apabila kita menjauhi mereka dan membiarkan mereka jatuh ke lubang buaya. Hal bijak yang dapat kita lakukan bagi mereka justru dengan mendekati mereka, menjadikan mereka teman sehingga nyaman dengan kita dan lingkungannya. Sambil berteman kita ajak mereka untuk tetap berada di jalan Tuhan dan menjadikan AlKitab (AlQuran) dan Assunah sebagai pegangan hidup agar mereka terjauh dari hal-hal yang diharamkan agama.

Kita harus melakukan pendekatan kepada mereka agar kita tahu dan mengerti apa yang melatarbelakangi sikap dan perilakunya selama ini. Semakin tahu maka kita akan semakin bijak dalam menghadapi sikap dan perilaku orang lain.

Tidak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan hanya milik Allah semata, dan kesempurnaan bagi manusia akan muncul ketika seseorang bersatu dengan sesamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar