Minggu, 21 Februari 2016

Gili Sudak; Private Island di Lombok Barat

Saat libur panjang tiba, berwisata adalah pilihan tepat untuk memanjakan tubuh dan pikiran supaya terhindar dari kelelahan dan stress. Kali ini aku akan memberikan ulasan mengenai salah satu pulau yang indah, berada di daerah Sekotong, Lombok Barat. Karena waktu liburan yang cukup panjang jadi tidak ada salahnya Anda mencoba tempat wisata yang berjarak cukup jauh dari rumah.

Untuk daerah Sekotong sendiri, para pelancong sebenarnya lebih mengenal Gili Nanggu terlebih dulu. Namun, Gili Sudak merupakan alternatif yang tepat untuk menikmati liburan Anda karena selain pemandangannya yang asri juga suasana pulau yang masih sepi sehingga berasa di pulau milik sendiri.

Lokasi Gili Sudak

Untuk mencapai Gili Sudak tidaklah sulit, dari Pelabuhan Lembar hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai pelabuhan penyeberangan. Jangan khawatir, karena jalanan yang ada sudah beraspal mulus. Kalau tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat mencarter angkot untuk mengantarkan ke pelabuhan. DI pelabuhan, banyak perahu nelayan yang disulap menjadi perahu wisata yang siap mengantar ke tempat tujuan. Gili Sudak sendiri dapat ditempuh sekitar 10 menit dari darat.

Sebelum mencapai Gili Sudak, Anda akan disambut oleh sebuah pulau kecil nan cantik yang bernama Gili Kedis. Pulau tidak berpenghuni tersebut juga mempunyai sisi keindahannya sendiri, jadi tidak ada salahnya untuk mampir sebentar menengok Gili Kedis sambil berfoto-foto mengabadikan momen indah di sana.

Welcome to Gili Sudak
Sesampainya di Gili Sudak, kalau beruntung, Anda akan disambut oleh pemandangan pohon besar berbunga lebat berwarna oranye, sangat indah. Gili Sudak sendiri mempunyai hamparan pasir berwarna putih dan bersih. Airnya sangat jernih serta banyak ditumbuhi karang-karang. Airnya juga tenang, ombaknya tak begitu terasa sehingga aman sekali untuk berenang. Namun, meski demikian, faktor keselamatan tetap harus diutamakan.

Soal penginapan sendiri tidak perlu dikhawatirkan karena di sana sudah tersedia beberapa coutage yang siap disewa, untuk tarif coutagenya adalah 400 ribu rupiah untuk tipe Honeymooner yang berisi 2 kamar dengan masing-masing kamar berisi 2 kasur dan 1 buah kamar mandi. Untuk info tarif bisa dicek di gilisudaklombok.com. Di sana juga terdapat resto yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman bagi Anda. Hanya saja aku sarankan untuk Anda yang hendak berlibur dengan paket murah lebih baik membawa bekal sendiri terutama air minum dan snack untuk sedikit mengirit budget.

Di Gili Sudak aktivitas seperti snorkeling juga dapat Anda lakukan, dengan beberapa spot yang cukup menarik mudah dijangkau. Atau bagi Anda yang hanya ingin bersantai di bawah rindangnya pohon – pohon cemara sambil menikmati pemandangan sekitar, Anda bisa duduk-duduk di kursi santai yang disediakan oleh pengelola. Angin yang berhembus lembut, deru ombak, serta kicauan burung-burung dapat membantu merefresh pikiran Anda yang penat dan jenuh dengan rutinitas perkotaan.

Malam di Gili Sudak dapat Anda nikmati dengan bermain api unggun atau hanya sekedar ngopi dan mengobrol dengan rekan atau keluarga. Suasana sepi dan tenang, balutan cahaya bintang di angkasa yang jelas terlihat merupakan perpaduan suasana yang romantis.

Esok harinya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk barkanoe ria. Anda bisa berkeliling dan menyeberang sampai ke pulau Lombok atau Gili Kedis karena jaraknya yang tidak begitu jauh. Anda juga bisa menikmati garis-garis pantai yang indah dengan ditemani banyak bintang laut cantik yang mudah ditemukan di bibir pantai. Segarnya udara pagi di pesisir tentu akan menambah semangat Anda untuk beraktivitas.

Itulah sekelumit ulasan tentang Gili Sudak, pulau indah dan asri itu memang layak diacungi jempol. Hanya aku berpesan bagi para pelancong agar turut serta menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jaga kelestarian alam untuk generasi anak cucu kita.


Pohon Berbunga Oranye
Berkanoe di Gili Sudak
Bintang Laut di Bibir Pantai
Gili Kedis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar