Rabu, 09 Maret 2016

Menyajikan Presentasi Maksimal

Best Project Assignment Team in Bali
Bicara soal presentasi, aku mengibaratkannya seperti sebuah bungkus atau kemasan sebuah makanan. Agar menarik perhatian pelanggan, maka makanan tersebut harus dibungkus dengan apik, tersaji dengan manisnya sehingga menggugah gairah calon pelanggan. Kemasan atau bungkus inilah salah satu bentuk marketing untuk menarik perhatian banyak orang.

Banyak orang di luar sana yang mempunyai produk yang luar biasa tetapi tidak pandai dalam menjajakannya. Apa yang terjadi? Calon pelanggan jadi kurang percaya dan akhirnya ogah untuk "membelinya". Aku anggap audiens yang melihat presentasi kita, entah itu dosen, juri, atau bahkan rekan-rekan kita adalah pelanggan kita yang harus kita ambil hatinya untuk tertarik dengan produk yang kita tawarkan dan akhirnya memutuskan untuk "membelinya" entah dengan sebuah nilai, pujian, atau apapun itu.

Belajar dari sebuah pengalamanku saat menjadi MC di sebuah lomba desain produk tingkat nasional yang tentu diikuti oleh kampus - kampus ternama baik negeri maupun swasta. Salah satu kampus negeri yang terkenal dengan kecerdasan mahasiswanya ternyata mampu memikat hati dewan juri dengan bukti predikat juara yang diperolehnya. Padahal menurutku secara pribadi, hasil karna yang diciptakannya tidak lebih baik dari lawan-lawannya, artinya masih banyak finalis yang lebih baik darinya. Tapi kenapa jadi dia yang menang? Menurut pengamatanku karena dia berhasil "menjual" dagangannya. Ya, dia mampu berpresentasi dengan baik, menjelaskan keunggulan hasil karyanya kepada dewan juri dengan apik dan menarik. Itulah yang menjadi kelebihan mahasiswa tersebut.

Hal itu kemudian menginspirasi diriku untuk dapat menyajikan presentasi terbaik dalam proyek-proyek yang aku kerjakan. Ada 2 hal utama yang menjadi modal sebelum melakukan presentasi, yang pertama ialah persiapan yang matang, sedangkan yang kedua adalah kepercayaan diri. Keduanya harus dijalankan secara seimbang untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Hal-hal yang termasuk dalam segi persiapan ialah materi presentasi atau biasa dikenal dengan ppt atau apapun bentuknya, pengetahuan atau bahan pendukung, serta penampilan diri. Materi presentasi harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum presentasi, buatlah semenarik mungkin (tetapi tidak alay), alurnya jelas, mudah dipahami, dan sesuai dengan tema. Sebelum melakukan presentasi, mintalah masukan dari orang lain dan jangan pernah khawatir dengan kritik yang diberikan oleh mereka karena itu menjadi salah satu masukan untuk membuat materi dan teknik presentasi kita menjadi lebih baik.

Materi yang sudah siap, pengetahuan serta penampilan diri kita menjadi faktor untuk membuat kita lebih percaya diri saat berpresentasi. Selebihnya tinggal memotivasi diri sendiri bahwa "Saya bisa membawakan materi dengan baik". Berdoalah dan sugestikan pada diri sendiri dengan kalimat-kalimat yang positif untuk memupuk rasa percaya diri.

Terakhir, presentasi adalah kemasan produk Anda, pastikan ia tampak menarik agar pelanggan tertarik lalu "membeli"nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar