Senin, 15 Juli 2013

Renungan Kehidupan 1

Kehidupan ini sangatlah rumit di mata kita. Alur dan jalannya cerita terlalu berlika-liku penuh dengan sandi dan rahasia. Terlepas dari cerita yang sudah ditakdirkanNya, hidup ini sarat akan peristiwa, kadang mereka-reka bagai drama. Cerita cinta, persahabatan, nurani, dan harapan, terkadang harus diselingi intrik dan taktik.

Saat ini mungkin kita bisa tertawa lepas dengan teman sepermainan, tapi siapa sangka karena masalah sepele, esok kita bisa menjauh dari mereka. Kita berdiam tanpa saling teguran. Lalu kita mengadu dengan seorang sahabat yang setia mendengar keluhan kita. Kita menangis dengan makian, menggerutu sampai lupa waktu.

Belum lagi perkara cinta. Ceritanya serasa rumit untuk dijalani. Kalau tak berjalan terasa hampa, kalau berjalan lama-lama cukup menyiksa. Ada kesetiaan, pengorbanan, kejujuran, tapi tak lepas dari penghianatan, keangkuhan, dan kezaliman. Siapa yang merasa hebat, dia akan memenangkan permainan cinta. Parahnya, keharmonisan justru bisa menjadi peperangan karena cerita cinta.

Jalan ini kita yang menentukan. Setiap masalah dan cobaan selalu bisa diselesaikan. Masalah datang untuk diselesaikan, bukan dihindari. Menghindar dari masalah hanya menunda sampai terjadi ledakan masalah yang lebih besar lagi. Justru dengan adanya masalah, kita akan diantarkan kepada titik kedewasaan, menuju derajat posisi yang lebih tinggi.

Sesuatu yang sulit adalah keikhlasan. Sesuatu yang berat adalah bersabar. Namun, bersabar bisa menjadi ringan dengan ikhlas. Dan kesulitan untuk ikhlas bisa menjadi mudah dilakukan dengan bersyukur. Bersyukur adalah hal mudah. Kita hanya harus melihat sekitar, menengok kondisi orang-orang di sekeliling kita. Banyak orang yang untuk bertahan hidup saja kesusahan, apalagi memikirkan perkara cinta dan persahabatan. Dan terkadang, kita terlalu disibukkan dengan kedua urusan tersebut sehingga lupa untuk bersyukur, yang mampu meringankan beban menjadi sabar, dan mengubah kesulitan menjadi keikhlasan.


3 komentar:

  1. ayoooook daaaam maennnn, kangen sahabatku yang satu ini #jujurbenerini :( . sahabatku sekarang ini sibuk og :P .

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaAllah, km kali prim yg sibuk,hehe. Ayo, kalo mau main ajak2 laah

      Hapus
  2. aku gak sibuukkk daaam. cuman lg nyambi kerja ajaa. km to yang gak ajak ajak . hehehehe. kelapa muda lagi dam :)

    BalasHapus