Selasa, 23 Juli 2013

Mengenang GeKAES

Habis lihat video teasernya GeKAES XVII Smansara di Youtube jadi keinget kenangan zaman dulu. Ngga terasa sudah 6 tahun berlalu, tetapi masih meninggalkan kenangan indah yang membekas sampai sekarang.

GeKAES XII 45th Smansara's Anniversary

Sedikit info tentang GeKAES atau Gebyar Kreasi Apresiasi dan Ekspresi Seni, adalah serangkaian acara yang dilaksanakan oleh OSIS SMAN 1 Jepara dalam rangka merayakan hari jadi sekolah. Pada mulanya GeKAES dilaksanakan oleh pengurus OSIS 96/97 yang kala itu selain sebagai ajang pertunjukan dan seni, juga mengusung misi untuk mengkritik sistem sekolah yang dipandang kurang baik. Alhasil GeKAES yang pertama itu dapat memberhenti-tugaskan salah seorang guru yang dianggap diktator. Semenjak itu GeKAES secara resmi dijadikan sebagai ajang bagi para siswa dan guru untuk memperingati hari jadi sekaligus sebagai sarana refreshing dan penyaluran bakat, terutama di bidang seni.


Seiring perkembangan zaman, selain dikemas dalam pertunjukan seni, GeKAES juga memberikan ruang bagi para pecinta olahraga. Dalam wujud kompetisi, muncullah Liga Basket yang ditujukan untuk tim basket antar SMA/SMK se Kabupaten Jepara. Selain itu, ada juga Liga Band SMA, serta Speech Contest yang ditujukan untuk adik-adik SMP yang sekaligus sebagai sarana pengenalan sekolah kepada pihak luar, terutama siswa-siswi sekolah menengah pertama.

Apa yang baru di GeKAES?
Puji syukur, semasa GeKAES XII telah banyak perubahan dan inovasi yang cukup signifikan yang ternyata sampai sekarang perkembangan itu terus dilestarikan. Puncak acara GeKAES yang stagnan dengan konten acara yang didominasi band atau musik pada tahun-tahun sebelumnya mampu diperbarui pada GeKAES XII dengan menampilkan banyak performance, baik dari siswa, alumni, maupun guru dan karyawan. Dekorasi panggung yang mulai berani tampil nyentrik yang disesuaikan dengan tema goGreen yaitu Refresh Our Attitude to Green Our World menjadi pemancing mata yang cukup ampuh untuk memberikan persepsi awal bagi para penonton GeKAES XII. Dan sepertinya persepsi itu terbukti dengan sajian apik dalam pentas seni yang mampu menarik perhatian semua penonton sampai berakhirnya acara. Dibuka dengan modern dance, band-band sekolah, band guru, band alumni, parodi siswa, tari kridajati, serta special performance dari kelompok teater Biassukma dengan drama terbuka, dilanjutkan dengan pertunjukan perkumpulan siswa pecinta marchin' band yang memukau, dan masih banyak lagi. Semua runtutan acara berhasil menarik perhatian penonton tanpa putus meskipun tanpa menghadirkan band tamu nasional seperti tahun-tahun sebelumnya.

Selain berbagai pertunjukan tersebut, puluhan stand siswa dan sponsor yang berdiri di sekeliling pun turut meramaikan acara. Stand-stand tersebut pula yang menjadi daya tarik GeKAES XII. Tidak hanya stand snack & minuman, berbagai hasil karya siswa juga ditampilkan yang tentunya mempunyai nilai jual. Keseluruhan acara berjalan dengan lancar tanpa gangguan yang berarti. Selain mendapat apresiasi dari semua stakeholder, GeKAES XII juga berhasil mendapatkan pujian dari Bupati dan jajaran karena mampu menyajikan sesuatu yang inovatif, selain itu GeKAES XII juga mampu mencuri perhatian para wartawan dengan munculnya pemberitaan tentang GeKAES di beberapa surat kabar regional, seperti Suara Merdeka.

Berbagai acara yang juga menjadi pelengkap GeKAES XII adalah Liga Band yang ditingkatkan levelnya dari antar SMA se-kabupaten menjadi se-karisidenan, Liga Basket, Cerdas Cermat Pendidikan Agama Islam, Jalan Sehat, Pentas Teater, dan Bakti Sosial. Sebenarnya ada juga acara penanaman pohon yang bekerja sama dengan Perhutani. Namun, karena cuaca yang tidak memungkinkan akhirnya acara tersebut dibatalkan. Agustus memang puncaknya musim kemarau, sehingga akan percuma apabila diadakan penanaman bibit pohon. Acara tersebut akhirnya digantikan dengan aksi seruan di jalan untuk menjaga lingkungan.

Sekarang GeKAES sudah menginjak angka XVII. Semoga acara yang menghabiskan dana puluhan juta rupiah ini tidak menjadi hal yang sia-sia, artinya mampu menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya baik bagi stakeholder SMAN 1 jepara sendiri maupun masyarakat dan lingkungan sekitar. Bravo Smansara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar