Senin, 13 Januari 2014

Tips Hidup Sehat I

Musim hujan seperti ini biasanya sistem imun mulai menurun, kondisi lingkungan juga dalam keadaan terburuknya, dan menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Kalau kita tidak pandai merawat kesehatan tubuh dengan baik, bisa-bisa kita tumbang di Rumah Sakit. Untuk itu di sini aku memberikan beberapa tips simple yang bisa dipraktekkan untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari.

Tips yang pertama adalah mengkonsumsi habbatussauda atau yang biasa dikenal dengan jinten hitam. Menurut literatur yang pernah aku baca, tanaman yang bernama latin Nigella sativa ini mempunyai banyak manfaat, diantaranya menjaga kelancaran aliran darah. Nah, kalau aliran darah sudah lancar, oksigen dan nutrisi yang terkandung dalam darah bisa terdistribusi dengan baik sehingga mampu menjaga tubuh kita tetap sehat dengan immunitas yang tinggi. Cukup konsumsi jintan hitam ini sepucuk sendok teh atau sekarang sudah tersedia  di apotek dan toko-toko obat dalam bentuk kapsul atau cair yang bisa langsung diminum. Minumlah sesuai petunjuk yang tertera.

Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus Sauda’ , karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali kematian”.

Hindari rokok, mainuman berkarbonasi atau minuman bersoda, serta kopi. Tidak perlu aku jelaskan, tentu kita sudah mengetahui dampak negatif dari ketiganya. Selain itu kurangi konsumsi minuman dingin, terutama yang menggunakan es batu dari bahan air mentah. Es dari air mentah hanya bersifat membekukan bakteri dan kuman yang terkandung didalamnya, bukan mematikannya. Jadi, tentu tahu kan bagaimana efek bakteri dan kuman tersebut bagi tubuh? Mengkonsumsi minuman dingin, terutama saat kondisi tubuh capai juga tidak baik sebab kelelahan membuat suhu tubuh naik dan apabila langsung diguyur dengan yang dingin-dingin, tentu hal ini akan memaksa tubuh bekerja ekstra. Seperti halnya dampak mandi setelah begadang, hal tersebut dapat menurunkan sistem imun tubuh sehingga tubuh rentan terhadap penyakit, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Saat sedang sakit, kenali penyakit kita dengan baik. Aku sarankan untuk menggunakan obat-obatan herbal yang tersedia di dapur terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk ke dokter. Nih aku kasih tahu perbedaan obat herbal dengan obat kimia dari dokter. Obat herbal yang berasal dari alam ternyata mempunyai daya serap bagi tubuh hampir 90%, sedangkan obat kimia hanya 50-60%. Mengkonsumsi obat kimia dapat menurunkan sistem imun. Sebagai contoh, saat kita flu dan minum obat kimia kita akan sembuh dengan obat dosis rendah, tapi hal tersebut tidak selamanya berlaku sebab suatu saat kalau kita flu lagi kita akan butuh obat dengan dosis yang lebih tinggi. Berbeda dengan obat herbal yang justru mampu meningkatkan sistem imun kita. Ya, meskipun obat herbal mempunyai waktu penyembuhan yang relatif lebih lama dibandingkan dengan obat kimia. Obat herbal juga tidak menyebabkan efek samping seperti obat-obat kimia.

Beberapa obat herbal yang biasa aku gunakan adalah sebagai berikut. Dan ini sangat mudah dicari di pasaran.
Jahe, tanaman akar-akaran ini mempunyai banyak kegunaan, diantaranya ialah mengobati pusing atau sakit kepala serta mengobati rasa nyeri. Caranya sediakan satu ruas jahe, kupas, keprek lalu rebus dengan 400 ml air. Biasanya aku seduh air jahe dengan 1 sendok makan madu. Kandungan minyak atsiri pada jahe juga mampu membuat kita lebih relaks.
Saat sedang sariawan, berkumur dengan air garam adalah pilihan terbaik. Selain mudah dibuat, sariawan pun bisa lekas hilang. Cukup mencampur segelas air hangat dengan ½ sendok teh garam dapur. Garam mempunyai efek anti bacterial yang akan membunuh bakteri dalam mulut, termasuk sariawan. Garam juga berfungsi mencegah bau mulut, mengurangi sakit gigi, serta mengurangi rasa pegal di kaki.
Muka berminyak dan berjerawat. Sebenarnya ada banyak cara herbal yang bisa dilakukan. Kalau aku biasa menggunakan masker campuran papaya dan madu, air jeruk nipis dan madu, air garam, atau air rebusan daun sirih. Daun sirih juga bersifat anti bacterial baik untuk mencegah bau mulut dan bau badan. Oya, kalau Anda tinggal berdekatan dengan pantai, aku sarankan untuk memanfaatkan berendam dengan air laut sebab kandungan mineral dalam laut mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kulit dan tubuh kita.
Tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Saat sedang flu, jus tomat atau wedang tomat akan membantu memulihkan kondisi tubuh kita. Kandungan betakaroten dalam tomat akan bekerja lebih saat tomat selesai dipanaskan. Perpaduan tomat dengan wortel yang dijus juga membantu kesehatan mata kita.
Aku juga sering memanfaatkan bawang putih sebagai penambah nikmatnya makanan, terutama saat memasak mie instan. Bawang putih inilah MSG yang disediakan alam. Bawang putih mempunyai kandungan zat anti kanker yang berguna menjaga kesehatan tubuh kita.

Selain pemaparan di atas. Aku pernah punya pengalaman sakit kepala ringan sampai seminggu lebih lamanya. Namun, Alhamdulillah bisa sembuh berkat bantuan obat-obat herbal tersebut dan bacaan Al-Quran. Semua ayat bisa jadi alternatif, tetapi aku suka mendengarkan QS Arrahman. Penelitian membuktikan bahwa dengan membaca atau mendengar Al-Quran mampu membuat orang berelaksasi dan sekarang sedang digunakan untuk metode penyembuhan berbagai macam penyakit.


Oke, itu saja tips dariku. Terakhir, rajinlah melaksanakan sholat dan perbanyak sholat sunnah. Selain beribadah, sholat juga terbukti mampu menjaga kesehatan kita karena rahasia yang terkandung dari berbagai gerakan sholat. Selamat hidup sehat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar